Minggu, 11 Maret 2012

sodium phenolate plantation

                                                                          ABSTRAK
Oleh
Ardy Kristianto

            Pabrik Sodium Phenolate dari Phenol dan Sodium Hydroxide akan didirikan di Kota Cilegon, Banten. Pabrik ini dirancang dengan kapasitas 3.000 ton/tahun dan beroperasi selama 330 hari dalam setahun. Sodium Phenolate sendiri merupakan suatu senyawa ester organik dengan rumus molekul C6H5ONa yang dimanfaatkan sebagai bahan baku industri asam salisilat, aspirin, antiseptik dan bahan pelarut.
Proses pembuatan Sodium Phenolate yang akan diterapkan di pabrik ini merupakan modifikasi dari proses Kolbe-Schmitt. Proses ini terdiri dari 3 tahap yakni tahap persiapan bahan baku, tahap reaksi, dan tahapan pengambilan produk. Tahap persiapan bahan baku berupa treatment bahan baku dan pelarutan bahan baku sodium hydroxide. Tahap reaksi berlangsung pada CSTR dengan mereaksikan sodium hydroxide 50% dengan phenol pada keadaan 90oC dan 1 atm.  Tahap pengambilan produk berupa proses pemekatan produk (evaporasi), proses kristalisasi, proses pemurnian, proses pengeringan, proses pengecilan ukuran, serta proses pengepakan produk. Pabrik ini akan menghasilkan Sodium Phenolate dalam bentuk serbuk dengan kemurnian 98%.
Bahan baku phenol yang digunakan sebanyak 2.840 ton/tahun dan sodium hydroxide sebanyak 1196 ton/tahun. Phenol (C6H5OH) sendiri banyak terdapat di alam misalnya pada bahan yang mengandung lignin seperti tandan buah kelapa sawit, yang nantinya lignin tersebut dapat diuraikan melalui beberapa proses misalnya dengan hidrolisis, pirolisis, dan ekstraksi. Sedangkan sodium hydroxide diproduksi dengan mereaksikan  sodium chloride (NaCl) dan air (H2O). NaCl tersebut diperoleh dari air laut atau garam industri.  
Di Indonesia sendiri, kebutuhan akan  phenol dan sodium hydroxide dalam negeri sudah terpenuhi karena Indonesia sudah mampu untuk mengeksport kedua barang tersebut. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, sampai tahun 2010 Indonesia sudah mengeksport phenol sebanyak 1.067 ton dan sodium hydroxide sebanyak 8.923 ton. Berdasarkan data eksport diatas, dapat dipastikan bahwa ketersedian bahan baku phenol dan sodium hydroxide untuk menunjang proses produksi sodium phenolate ini tidak perlu diragukan.


Kata Kunci : Kolbe-Schmitt, Sodium Hydroxyde, Sodium Phenolate, Phenol.

2 komentar:

  1. Dimana ya saya bisa order Phenol Liquid? Mohon infonya.. Thanks, Winnie (win_winhoy@yahoo.com)

    BalasHapus
  2. coba mba winnie liat di alibaba.com , pasti disana ada supplier yang menjual phenol cair

    BalasHapus